Entri Populer

Jumat, 12 November 2010

1. Petakan kedudukan filsafat ilmu dalam kerangka keseluruhan Program Studi Bimbingan dan Konseling


Filsafat ilmu merupakan telaah kefilsafatan yang ingin menjawab pertanyaan mengenai hakikat ilmu, yang ditinjau dari segi ontologis, epistemelogis maupun aksiologisnya. Dengan kata lain filsafat ilmu merupakan bagian dari epistemologi (filsafat pengetahuan) yang secara spesifik mengakaji hakikat ilmu, seperti :
  1. Obyek apa yang ditelaah ilmu? Bagaimana ujud yang hakiki dari obyek tersebut? Bagaimana hubungan antara obyek tadi dengan daya tangkap manusia yang membuahkan pengetahuan? (Landasan ontologi) 
  2. Bagaimana proses yang memungkinkan ditimbanya pengetahuan yang berupa ilmu? Bagaimana prosedurnya? Hal-hal apa yang harus diperhatikan agar mendakan pengetahuan yang benar? Apakah kriterianya? Apa yang disebut kebenaran itu? Adakah kriterianya? Cara/teknik/sarana apa yang membantu kita dalam mendapatkan pengetahuan yang berupa ilmu? (Landasan epistemologis)
  3.  Untuk apa pengetahuan yang berupa ilmu itu dipergunakan? Bagaimana kaitan antara cara penggunaan tersebut dengan kaidah-kaidah moral? Bagaimana penentuan obyek yang ditelaah berdasarkan pilihan-pilihan moral? Bagaimana kaitan antara teknik.
Mata kuliah filsafat ilmu memberikan wawasan tentang landasan filosofis untuk memahami konsep ilmu pengetahuan dan filsafat ilmu; etika dan ilmu pengetahuan terutama dalam program studi bimbingan dan konseling. Oleh karena itu, kedudukan mata kuliah filsafat ilmu dalam program studi bimbingan dan konseling di tempatkan dalam kumpulan mata kuliah keilmuan dan keterampilan di mana termasuk pokok yang harus dimilki oleh setiap mahasiswa.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar